[Event] Belajar Jadi Youtuber



Pada 17 Mei lalu, saya diundang oleh Google Indonesia ke sesi “You Too can YouTube”. Acara ini adalah lanjutan dari program “Women 2.0: Wanita dan Teknologi” yang diluncurkan pertama kali di bulan April lalu.  Walau saya bukan youtubers, saya tetap semangat datang ke acara ini mengingat pekerjaan saya tidak jauh-jauh dari dunia digital yang bergerak cepat.

Youtuber beken yang menjadi pembicaranya adalah Vindy (SFX makeup artist, face painter dan beautypreneur), Minyo (founder Indo Beauty Vlogger Community dan MUA), Linda Kayhz (Makeup, fashion enthusiast dan entrepreneur), serta Niken Sasmaya (Team Lead YouTube).

Vindy, Linda, Minyo
pics: Doc. Google Indonesia

“Youtube adalah sebuah platform dimana semua orang bisa tampil menunjukkan passion dan bertemu audiens dari seluruh dunia. Ini yang membuat YouTube unik bagi para wanita di Indonesia karena banyak keragaman dan keunikan muncul dari seluruh Indonesia. Siapapun bisa memanfaatkan YouTube untuk meraih impiannya,” jelas Mbak Niken dari YouTube dikutip dari press release yang saya terima. Bener kata Mbak Niken. Banyak orang beken lahir gara-gara bikin video unik dan keren di YouTube kan?

Yang saya senang di acara ini adalah, acaranya lebih ke tips dan trik serta how to. Jadi kita yang datang bisa mengerti bagaimana bikin konten youtube yang oke serta urusan teknisnya seperti mencari angle kamera yang pas dan proses edit serta upload video ke channel YouTube. Kita juga bisa tanya-tanya sama pembicaranya juga. Saya sendiri lebih suka mengamati trik para pembicara untuk diaplikasikan ke pekerjaan atau channel youtube pribadi nanti.


Ini beberapa tips singkat yang saya catat:
- Mulailah dengan apa yang kamu suka dan kamu punya
- Ada niat berbagi ilmu dalam konten yang kita buat
- Jangan lupa engagement ke audiens agar mereka tertarik untuk menonton video kamu
- Tetap belajar dan belajar, bisa dengan lihat berbagai video youtube sebagai inspirasi dan pelajaran
- Konsisten untuk posting! Nah ini yang biasanya susah dilakukan secara suka sibuk yee kaaan hehehe.

Hasilnya? Selepas dari acara ini niat saya untuk membuat channel YouTube semakin kuat. Apalagi pekerjaan juga tidak lepas dari dunia digital. Jadi bisa sejalan deh! Doakan saya ya agar niat ini bisa terwujud!



Rencananya forum “Women 2.0: Wanita dan Teknologi akan diadakan secara regular oleh Google Indonesia dan mengajak banyak wanita Indonesia. Kalo pengen ikutan atau cari info lengkapnya, cek WomenWill ya!

Terima kasih Google Indonesia!



Tetap Semangat!

 

CONVERSATION

2 comments:

  1. Wiii asik banget, ka Titaz! Ayo kaak bikin channel pasti aku subsss hahaha. Poin kelima itu emang paling sulit. Udah syutingnya bisa berjam-jam (dari persiapan ampe kelar beberes setnya), ngeditnya butuh mood pula wkwk. Tapi kalo lihat hasilnya suka bikin seneng hati :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa iyaa, Put. Sedang mengumpulkan materi, niat serta fasilitasnya nih hahahaha. Tunggu infonya lebih lanjut lagi yaa :)
      Urusan edit tampaknya akan kuserahkan pada suami hahahaha :D

      Delete

Back
to top